Kumpulan Info Tentang Desain Rumah Minimalis, Model rumah Minimalis, Dapur Minimalis, dan Denah Rumah minimalis.

Biaya Renovasi Rumah: Cara Menghitung Kebutuhan Dana

Biaya Renovasi Rumah: Cara Menghitung Kebutuhan Dana - Renovasi rumah adalah pekerjaan yang memerlukan perencanaan dengan baik agar berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan. Langkah yang harus dilakukan ketika merenovasi rumah diantaranya adalah membuat desain baru, menentukan anggaran biaya dan proses renovasi itu sendiri. Ketiga tahap dalammerenovasi rumah tersebut akan kami jelaskan sbb:

Biaya Renovasi Rumah: Cara Menghitung Kebutuhan Dana

Biaya Renovasi Rumah

Contoh Rincian Biaya Renovasi Rumah
Contoh Rincian Biaya Renovasi Rumah

Contoh Rincian Biaya Renovasi Rumah 2
Contoh Rincian Biaya Renovasi Rumah

Sebagai tambahan, kami juga membeerikan beberapa contoh bagian rumah yang paling sering di renovasi, diantaranya adalah teras, tangga dan ruang keluarga. Contoh desain renovasi untuk ruang lain dapat Anda cari dalam kolom kategori lain.

Biaya Renovasi Rumah - Contoh Renovasi Taman Minimalis
Contoh Renovasi Taman Minimalis

Biaya Renovasi Rumah - Contoh Renovasi Taman Minimalis 2
Contoh Renovasi Taman


Biaya Renovasi Rumah - Contoh Renovasi Tangga dan Ruang Keluarga Minimalis
Contoh Renovasi Tangga dan Ruang Keluarga Minimalis

Biaya Renovasi Rumah - Contoh Renovasi Teras
Contoh Renovasi Teras Minimalis Semi Tradisional

Biaya Renovasi Rumah - Contoh Renovasi Teras Minimalis Modern
Contoh Renovasi Teras Minimalis Modern

Tahapan Renovasi Rumah:

Pra-Renovasi Rumah:
  • Membuat gambaran kondisi rumah sebelum dilakukan renovasi, misalnya sketsa rumah, bagian bangunan yang akan diperbaiki dan lahan yang akan didirikan ruangan baru.
  • Membuat desain rumah yang baru. Perhatikan bagian yang akan diperbaiki atau dibangun ruangan baru. Tentukan pula bagaimana bentuk dan luas ruangan yang akan dibangun.
Menghitung Biaya Renovasi Rumah:
  • Menghitung anggaran biaya untuk merenovasi rumah. Biaya yang harus dihitung meliputi dua macam, yaitu biaya material dan biaya tenaga kerja. Biaya tenaga kerja masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu biaya tukang dan biaya konsumsi tukang.
  • Menyediakan dana candangan untuk hal tak terduga. Setidaknya, siapkan ¼ dari biaya total yang sudah Anda hitung sebelumnya.
Renovasi Rumah:
  • Ketahui kebutuhan material yang diperlukan untuk merenovasi rumah. Selain itu pastikan ketersediaan stock setiap item di toko material. Carilah setidaknya 3 toko material untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan caa itu Anda akan dengan mudah berpindah dari satu toko ke toko yang lain bila mengalami
  • Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, carilah orang yang dapat menghandel segala masalah yang terjadi pada waktu merenovasi rumah.

Biaya Renovasi Rumah Yang Harus Dihitung:

  • Mengetahui harga biaya material, termasuk biaya transportasi untuk mengangkut material tersebut.
  • Perkiraan biaya tenaga kerja. Biaya pekerja dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah jumlah jam kerja, kondisi lokasi dan tingkat keahlian tenga kerja.
  • Perkiraan biaya peralatan, misalnya untuk menyewa peralatan berat, alat-alat tangan, gergaji mesin, molen dll.
  • Perkiraan biaya tak terduga. Biaya tersebut dibagi menjadi dua macam, yaitu biaya tak terduga proyek dan biaya tak terduga umum.
Mengetahui biaya renovasi rumah mutlak dilakukan sejak awal. Tanpa perhitungan yang benar, dikemudian hari Anda akan direpotkan dengan berbagai hal, terlebih jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas. Demikianlah sekilas tentang biaya renovasi Rumah, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biaya Renovasi Rumah: Cara Menghitung Kebutuhan Dana